Cara mengobati sakit gigi akibat gigi berlubang

Gigi manusia menurut waktu tumbuhnya dibagi menjadi gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu mulai tumbuh sejak bayi, sekitar usia 6 bulan s/d 2 tahun. Gigi susu satu per satu akan lepas / tanggal dan digantikan gigi tetap mulai usia 6 tahun. Namun ada kalanya proses pertumbuhan gigi tersebut mengalami gangguan sehingga menimbulkan keluhan, misalnya :
1. Gigi tumbuh miring sehingga mendesak gigi sekitarnya, menyebabkan nyeri, berpotensi menimbulkan celah yang dapat terselip sisa makanan di dalamnya.
2. Akar gigi menembus gusi, sehingga menyebabkan nyeri dan berpotensi infeksi.
3. Gigi susu tidak tanggal meskipun gigi tetap sudah tumbuh. Akibatnya terjadi pendesakan dan susunan gigi menjadi berantakan. Hal ini juga berpotensi menimbulkan celah yang dapat dimasuki sisa makanan.


Gigi yang tumbuh tidak dalam posisi yang benar berpotensi menimbulkan celah yang dapat dimasuki sisa makanan sehingga pertumbuhan bakteri menjadi subur. Akibatnya bakteri akan merusak gigi dan menimbulkan lubang. Apabila sudah berlubang, bakteri akan masuk ke dalamnya dan menyebabkan infeksi lebih luas hingga ke akar gigi. 
Infeksi yang sudah mencapai akar gigi menyebabkan nyeri yang dapat menjalar ke kepala dan telinga. Selain itu infeksi dapat menyebabkan terbentuk nanah di dalam gusi.
Untuk menangani nyeri akibat gigi berlubang tidak ada cara lain selain mengobati infeksi pada gigi yang berlubang dan memperbaiki lubangnya. Pengobatan yang bisa dilakukan di rumah hanya bersifat sementara dan tetap beresiko tinggi untuk nyeri bisa kambuh kembali. Untuk mengobati di rumah sementara waktu, anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas dan berkumur dengan cairan antiseptik khusus kumur yang dijual bebas.
Sementara itu, gigi yang tumbuh dalam posisi tidak tepat dan menimbulkan nyeri kemungkinan besar memerlukan tindakan pencabutan. Oleh karena itu, kami menyarankan anda segera memeriksakan diri ke dokter gigi untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Artikel Sakit Gigi dapat anda baca untuk menambah wawasan anda.
Sekian penjelasan kami, semoga membantu anda, terima kasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mengobati sakit gigi akibat gigi berlubang"

Post a Comment