Skip to main content

Cara mengatasi wajah gatal pasca perawatan wajah

Dok,, saya mau tanya.. semasa saya hamil saya sdh brenti pemakaian cream dll untuk wajah.. semenjak saya lahiran saya mau pakai skincare lagi.. tp knp saya jadi tdk cocok pakai skincare yg biasa saya pakai.. saya jadi suka gatal kadang bentol sperti digigit semut.. 

Ok pertanyaan seperti ini sering diajukan & sudah sudah dijawab oleh dokter ahlinya, mari kita simak bersama-sama ulasanya 

 

Perlu diperjelas, produk perawatan kulit apa yang Anda gunakan? Apa saja kandungannya? 
Gatal dan bentol-bentol di kulit usai penggunaan produk perawatan kulit tertentu memang bisa jadi menandakan suatu ketidakcocokan terhadap produk perawatan kulit yang digunakan. Penyebab ini bisa banyak, di antaranya: 
  • Alergi misalnya apabila Anda memang memiliki kecenderungan untuk bereaksi berlebihan terhadap komponen dari produk yang digunakan
  • Iritasi misalnya apabila produk perawatan kulit yang Anda gunakan memang mengandung bahan yang sifatnya iritatif  
  • Kadaluwarsa, dan sebagainya 
Namun, perlu juga Anda waspadai, bahwa selain akibat produk yang Anda gunakan, bisa juga, gatal dan bentol ini sesungguhnya disebabkan oleh faktor lain, misalnya:  

  • Alergi substansi lain, seperti suhu dingin, tungau debu, serbuk sari, seafood, telur
  • Infeksi kulit, contohnya karena jamur, bakteri, virus 
  • Stres psikis , seperti saat sedang stres, cemas, atau panik berlebihan 
  • Kelelahan fisik , termasuk sehabis berolahraga berat 
  • Efek samping obat , dan sebagainya 
Sebaiknya, sebelum mengambil kesimpulan terlalu dini, periksakan dulu kondisi kulit Anda ke dokter atau dokter spesialist kulit ya... Dengan begitu, Anda pun bisa mendapat penanganan terbaik sesuai dengan kondisi yang mendasari keluhan Anda. Bila dokter merasa perlu, bisa juga beliau merekomendasikan pemeriksaan lanjutan, contohnya tes alergi, tes darah, dan sebagainya. 

Sementara ini, berikut langkah yang dapat kami sarankan:

  • Stop dulu penggunaan produk perawatan kulit tersebut sebelum dinyatakan aman oleh dokter 
  • Bersihkan kulit wajah Anda dengan baik menggunakan sabun yang ringan dan cocok dengan tipe kulit Anda 
  • Perbanyak beristirahat, jangan dulu berkegiatan terlalu lelah 
  • Usahakan untuk tidur yang cukup 6 hingga 8 jam sehari 
  • Kelola stres Anda dengan bijak, jangan emosi berlebihan
  • Perbanyak minum air putih
  • Perbanyak makan sayur dan buah
  • Jangan berkontak dengan substansi yang rentan membuat Anda alergi 
Semoga membantu yaa... 

Semua jawaban diatas ditulis dan sudah dijawab oleh dokter spesialisnya, admin hanya membantu membagi informasi dan semoga bermanfaat 

Sumber - Dokter Nurotul Fuadah - dari alodoker.com 

Hidup sehat dambaan semua orang.. semoga jawaban diatas bisa membantu pembaca, salam hormat untuk doker yang menjawab


Comments

Popular posts from this blog

Manfaat terapi urin untuk kesehatan

Terapi urine - Air kencing atau air seni atau biasa disebut urine dihasilkan dari  cairan yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan atau minuman kemudian sisa cairan diproses melalui ginjal atau  proses ekskresi kemudian dikeluarkan melalui proses yang disebut urinasi, atau lebih jelasnya cairan sisa dalam tubuh akan disaring di dalam ginjal lalu dialirkan melalui ureter menuju kandung kemih dan selanjutnya melakukan proses pembuangan urin dari dalam tubuh melalui uretra.

Makanan yang kita makan akan mempengaruhi rasa dan warna dari urin, selain itu suhu udara dan jumlah air yang diminum juga turut mempengaruhi warna dan rasa urin, untuk mereka yang mengkonsumsi banyak daging maka urin akan terasa asam, asin dan bisa juga pahit, namun mereka yang vegetaris urinnya akan terasa tawar.



Urin mengandung 95% air, 2,5% urea dan 2,5% campuran mineral, enzim, hormon dan garam, jadi di dalam urin atau air kencing terkandung zat-zat yang alami, karena itu urin merupakan obat alami yang terbaik yan…

7 Bahaya cemas yang berlebihan bagi kesehatan

Setiap kita pasti pernah mengalami cemas yang disebabkan oleh banyak faktor yang tiba-tiba datang sehingga kita merasa khawatir dan tidak tenang, namun jika kecemasan tergolong ringan maka tentunya tidak akan mengganggu kesehatan kita, tapi tahukah anda bahwa cemas yang berlebihan akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Seperti yang dilansir dari Boldsky menyebutkan bahwa orang yang terlalu sering cemas atau mudah cemas dengan hal yang sepele saja maka lama-kelamaan dapat mengakibatkan terjadinya stres yang berkepanjangan dan semakin lama dapat mengakibatkan depresi sehingga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh baik mental maupun fisik.

Di bawah ini ada beberapa akibat yang terjadi jika kita sering mengalami cemas yang berlebihan yaitu:

1. Menurunkan daya tahan/ imunitas tubuh
Orang yang terlalu sering mengalami kecemasan akan berdampak buruk bagi kesehatan salah satunya adalah menurunkan daya tahan tubuh sehingga tubuh akan kesulitan untuk melawan berbagai penyakit sehingga o…